Mosfet N-channel, Mosfet P-channel

Cara Mudah Membedakan MOSFET N-channel dan P-channel

Posted on

Pada perangkat elektronik, komponon jenis mosfet bisa dibilang wajib. Setiap rangkain pasti menggunakan mosfet entah itu tipe N-channel atau P-channel. Ketika mau mengganti kadang bingung kode mosfet ini tepenya apa. Pertanyaannya bagaimana cara membedakan mosfet yang mudah.

Bagi teknisi yang berpengalaman, tentu tidak akan sulit untuk membedakan tipe dari mosfet. Dengan melihat posisi mosfet pada mainboard mereka sudah bisa mendeteksi dengan pasti mosfet yang digunakan.

Bagaimana dengan yang masih pemula? Tentu akan kesulitan, bahkan mereka harus mencari di Google dengan mengetikan kodenya. Kami rasa itu cukup membuang waktu dan tentu sangat ribet. Anda sekarang tidak perlu repot lagi. Kami akan membagikan trik sangat mudah, membedakan mosfet tipe N dan tipe P.

Caranya hanya dengan melihat kode yang ada pada mosfet. Menurut kami cara ini jauh lebih efisien. Meskipun digit kodenya banyak yang perlu anda perhatikan hanya angkat terakhirnya saja. Dengan begitu anda bisa mengenali mosfet lebih cepat. Karena itu juga yang kami lakukan untuk mengenali apakah ini mosfet N-channel atau P-channel.

Perbedaan Utama Antara Mosfet N-channel dan P-channel

Perbedaan yang signifikan antara mosfet tipe N dan tipe P terletak pada kodenya. Mungkin dalam pemberian kode mosfet itu sudah di standartkan. Angka terakhir dari kode mosfet bisa memberitahu anda apakah itu mosfet tipe N atau tipe P.

Jika angka terakhir dari kode genap itu artinya mosfet tipe N. Sebaliknya kalau angka terakhirnya ganjil artinya itu mosfet tipe P. Contoh penulisan kode angka terakhir bisa anda baca di bagian bawah.

Mosfet tipe N-channel mempunyai kode akhir genap = 0 – 2 – 4 – 6 – 8
Mosfet tipe P-channel mempunyai kode akhir ganjil = 1 – 3 – 5 – 7 – 9

Contoh Mosfet N-channel dan P-channel

Sangat banyak mosfet dijual, kodenya tentu berbeda antara mosfet satu dengan yang lain. Anda tidak usah bingung, tetap fokus pada angka terakhirnya saja. Kami memeberikan beberapa contoh kode mosfet. Semoga anda lebih mudah memahami. Jika anda paham dan mengingatnya kami yakin ini sangat membatu kerja anda dalam menangani servis.

Ingat angka genap artinya mosfet tipe N dan ganjil artinya mosfet tipe P. Silahkan perhatikan gambarnya:

Mosfet N-channel
Mosfet N-channel
Mosfet P-channle
Mosfet P-channel

Semoga cara mudah membedakan antara mosfet N-channel dan mosfet P-channel ini bisa membantu dan meringankan kerja anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *